RSS

Friday, March 9, 2012

Auto MDIX pada NIC

Auto MDI-X


Mungkin masih banyak yang belum tahu, apakah itu MDI-X. MDI-X merupakan kependekan dari Media Dependant Interface Crossover. Dengan kata lain, MDI-X merupakan fitur pada switch yang membuat Anda dapat menggunakan patch cable (straight-through) daripada kabel crossover untuk koneksi antar switch. Ini merupakan fitur yang bagus untuk digunakan, namun ada beberapa perdebatan dalam hal perlu atau tidaknya ini digunakan. (Lichten, 2010)
Fitur dari Auto MDI/MDIX ini akan mendeteksi tipe kabel yang terkoneksi secara otomatis dan membuatnya bekerja. Auto MDIX merupakan fitur yang mengeliminasi kebutuhan kabel crossover ketika menghubungkan dua buah port yang mirip (Lapisan OSI) secara bersamaan. Fitur ini biasanya diaktifkan secara default pada kebanyakan switch. Hal ini bagus bagi hubungan infrastruktur dimana Anda menghubungkan dua buah switch, namun ini tidak dibutuhkan secara khusus pada edge/user ports. Jika Anda mematikan fungsi Auto-MDIX pada port user, ketika dua buah port tersebut secara tidak sengaja terhubung bersamaan, mereka tidak akan terhubung. (Ventre, 2010) Ini dapat di-disable-kan dengan menggunakan perintah berikut:
interface FastEthernet0/1
no mdix auto
Anda dapat memverifikasi statusnya dengan melihat di controller:
3560-1#show controllers ethernet-controller FastEthernet 0/1 phy | inc MDIX
 Auto-MDIX                             :  Off   [AdminState=0   Flags=0x00002248]
Sebuah MDI (Medium Dependent Interface) mendeskripsikan interface (fisik dan elektrik) pada sebuah jaringan komputer dari sebuah implementasi lapisan fisik ke medium fisik yang digunakan untuk membawa transmisi. Pada interface jaringan terbaru, port auto-MDIX mendeteksi apakah koneksi membutuhkan kabel crossover, dan dengan otomatis memilih konfigurasi MDI atau MDIX untuk menghubungkan secara tepat. (Wikipedia, 2012)
Gambar 1. Straight-through MDI to MDI-X connection for 10BASE-T
Istilah umum dari MDI dan MDIX merupakan varian dari teknologi Ethernet Over Twisted Pair yang menggunakan port 8P8C pada sebuah komputer atau perangkat jaringan lainnya. X merupakan kabel transmit pada peralatan MDI harus terhubung untuk menerima kabel pada peralatan MDIX. Kabel straight-through mengbungkan pin 1 dan 2 (transmit) pada peralatan MDI  hingga pin 1 dan 2 (receive) pada device MDIX. Sama halnya dengan pin 3 dan 6 receive pada MDI dan transmit pada MDIX.
Untuk menghubungkan dua buah port dengan konfigurasi sama (MDI ke MDI atau MDIX ke MDIX), sebuah kabel ethernet crossover dibutuhkan untuk pindah silangkan sinyal transmit dan receive pada kabel, sehingga mereka cocok pada level konektor. Auto-MDIX dengan otomatis mendeteksi kebutuhan tipe koneksi kabel dan mengatur koneksi dengan sebaiknya, membuang kebutuhan akan kabel crossover untuk menghubungkan switch atau menghubungkan PC secara peer-to-peer. Selama enabled, maka kabel tipe apapun akan dapat digunakan. Agar dapat berfungsi dengan benar, maka data rate pada interface dan setting duplex harus diset ke “auto”.
Gambar 2. MDI to MDI connection with Ethernet crossover cable
Auto-MDIX ini dikembangkan oleh insinyur Hewlett-Packard, Daniel Joseph Dove dan Bruce W. Melvin. Dave mempromosikan auto-MDIX pada standar 1000BASE-T dan juga mengembangkan algoritma paten untuk mode auto-MDIX. Router, hub, dan switch terbaru kebanyakan sudah menggunakan auto-MDIX untuk mengubah konfigurasinya secara otomatis ketika sebuah kabel terkoneksi.
Pin yang digunakan pada port MDI adalah pin 1 dan 2 untuk transmit, serta 3 dan 6 untuk receive, sedangkan pada MDIX, pin yang digunakan adalah pin 1 dan 2 untuk receive, serta pin 3 dan 6 untuk transmit.
Pada port auto-MDIX, kabel crossover tetap dapat digunakan. Kedua kabel, straight-through dan crossover dapat digunakan dengan baik.
Untuk membuat auto-MDIX bekerja, tidak dibutuhkan kedua interface memiliki auto-MDIX. Hanya satu saja cukup untuk membuat auto-MDIX bekerja, namun speed dan duplex pada kedua interface harus diset menjadi auto.

Sumber:
Home-network-help.com. What is auto MDI/MDIX? http://www.home-network-help.com/auto-mdi-mdix.html
Das Blinken Licthen. 2010. Using auto-MDIX on Cisco Switches (mdix auto). http://www.dasblinkenlichten.com/wp-trackback.php?p=240
Wikipedia. 2012. Medium Dependent Interface. http://en.wikipedia.org/wiki/Medium _dependent_interface




0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, Anda telah bersedia meninggalkan komentar Anda mengenai post ini. ^^

Popular Posts