RSS

Thursday, February 9, 2012

Konsep Jaringan Komputer (Lanjt...)

Konsep Analisis Perancangan Jaringan Komputer (lanj..)


·       Komputer – Client/Server Networks
Dalam sebuah jaringan peer-to-peer jaringan komputer rumah, semua komputer sama. Setiap komputer memiliki file dan device-nya sendiri. Di lingkungan bisnis, Anda mungkin menggunakan jaringan client/server daripada jaringan peer-to-peer, kecuali Anda menjalankan bisnis kecil dengan hanya sedikit komputer.

Gambar 1. Jaringan peer-to-peer
 Jaringan client/server merupakan jaringan yang dimana servernya merupakan satu atau lebih komputer dan menyediakan layanan untuk komputer lain, yang disebut client. (Haag, 2004). Server memiliki hardware, software, dan/atau informasi yang komputer client dapat akses. Server biasanya merupakan komputer yang powerful dengan sistem penyimpanan (storage sistem) yang besar.
Gambar 2. Jaringan client/server
 
Gambar 3. Interaksi Client-Server

·       NIC (Network Interface Card)
NIC merupakan singkatan dari Network Interface Card yang dalam bahasa Indonesianya berarti Kartu Antarmuka Jaringan atau biasa disebut kartu jaringan saja. Seperti namanya, NIC memang berfungsi sebagai interface/antarmuka antara komputer dan jaringan.
Komputer-komputer desktop zaman sekarang umumnya sudah dipasangi NIC oleh penjualnya. Namun, jika belum dipasang NIC, Anda dapat membeli NIC dan meminta penjualnya memasangnya di komputer Anda ataupun dapat juga Anda pasang sendiri.
Ada dua jenis NIC yang beredar saat ini, yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis. Pada setiap NIC diberi nomor alamat (id) jaringan yang disebut sebagai MAC Address yang sifatnya statis. Walaupun sifat dari MAC Address di sini sebenarnya adalah statis, namun MAC Address tetap dapat diubah oleh para usernya jika memang diinginkan user, tetapi sifatnya tidaklah permanen. Maksudnya di sini ialah jika user mengubah MAC Address dari NIC dan kemudian me-restart komputernya, maka MAC Address tadi akan kembali ke alamat defaultnya.
Gambar 4. NIC
Perlu keterangan lebih lanjut mengenai NIC? Lihat postingan saya sebelumnya mengenai NIC—“NIC:Interface Komputer dan Network

·       Network Devices
Dalam membangun jaringan, tentunya akan dibutuhkan perangkat-perangkat khusus. Perangkat jaringan merupakan peranti-peranti yang merupakan perantara data dalam sebuah jaringan komputer (wikipedia). Perangkat jaringan disebut juga peralatan jaringan, Intermediate Systems (IS), atau InterWorking Unit (IWU). Unit yang menerima atau membuat data disebut host atau perantik terminal data.
Jika ingin membangun sebuah jaringan, LAN misalnya, maka yang diperlukan adalah komputer, hub, switch, kartu jaringan (NIC), kabel UTP/STP, router, modem internal/eksternal, konektor, cable tester, dan clipping tool. Namun, jika ingin membangun jaringan WAN misalnya, maka perangkat yang dibutuhkan  adalah router, switch, jalur telepon yang ada seperti jalur ISDN, koneksi frame relay, dan lainnya.
Jika butuh keterangan lebih lanjut mengenai Network Devices, silahkan lihat postingan saya mengenai “Perangkat Jaringan: The Operating’s Power of Network

·       Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, untuk melintaskan isyarat. (Abdul, 2005:393)
Media transmisi dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: media berkabel (wired media/bounded media/guided media/hard media) dan media nirkabel (wireless media/unbounded media/unguided media/soft media).
Keterangan mengenai media transmisi jaringan dapat dilihat pada postingan saya mengenai “Media Transmisi Jaringan (Part I): Wired” dan “Media Transmisi Jaringan (Part II): Wireless”.

·       NOS (Network Operating System)
Sistem Operasi Jaringan (Network Operating System) adalah sejenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani dan bekerja dalam jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan (service) yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal 1990-an.
Lebih lanjut mengenai NOS dapat dilihat pada postingan saya sebelumnya mengenai “Network Operating System (NOS) – Sistem Operasi Jaringan

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, Anda telah bersedia meninggalkan komentar Anda mengenai post ini. ^^

Popular Posts