RSS

Monday, July 18, 2011

Sistem Komputer

Sistem komputer sebenarnya adalah dasar dari pembelajaran komputer. Jadi, sebelum mempelajari tentang jaringan lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui sekilas tentang sistem komputer.

Apakah itu sistem komputer?
Sistem merupakan elemen-elemen yang saling berhubungan dan saling bekerjasama dalam mencapai suatu tujuan. Jadi, sistem komputer adalah gabungan dari elemen-elemen yang saling bekerjasama agar komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya (mengolah, memproses, dan memproduksi data).

Tujuan Sistem Komputer
Tujuan sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen tersebut adalah software, hardware, dan brainware.

Software (perangkat lunak) adalah perangkat yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data, perangkat ini tidak dapat dipegang. Contoh: sistem operasi.

Hardware (perangkat keras) adalah perangkat yang ada di dalam sistem komputer yang terlihat dan dapat dipegang secara fisik. Contoh: monitor, keyboard.

Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan dan mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer ini harus saling bekerjasama dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa tumpukan barang saja. Software perlu untuk mengoperasikan hardware, dan hardware yang sudah memiliki software juga tidak akan bekerja jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Dasar Sistem Komputer
Sistem Biner
Komputer bekerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut bit (binary digit), berupa 0 dan 1.
Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit. Yang termasuk karakter adalah huruf, angka, dan simbol.

Satuan Data
Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Berikut adalah tabel satuan data.
Satuan
Ekivalen
Keterangan
Byte
8 bit
Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
Kilobyte
1024 byte
Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640 KB
Megabyte
1024 kilobyte
Besar penyimpanan pada VCD rata-rata adalah 700 MB
Gigabyte
1024 megabyte
Ukuran harddisk saat ini berkisar antara 80–500 GB
Terrabyte
1024 gigabyte
Database yang sangat besar
Petabyte
1024 terrabyte
Penggunaan di masa yang akan datang

Satuan Waktu dan Frekuensi
Bagi manusia, 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat, tetapi tidak bagi komputer. Kecepatan komputer dalam memproses sebuah data sangatlah tinggi. Orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik.
Berikut adalah daftar satuan waktu bagi komputer.
Satuan
Ekivalen
Milidetik
1/1.000 detik
Mikrodetik
1/1.000.000 detik
Nanodetik
1/1.000.000.000 detik
Pikodetik
1/1.000.000.000.000 detik

Satuan lain yang digunakan di komputer adalah satuan frekuensi. Frekuensi diukur dengan satuan Hertz. Frekuensi berarti jumlah siklus di dalam 1 detik. 1 Hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu kilohertz dan megahertz, serta gigahertz. 1 kilohertz (1 KHz) = 1000 hertz, 1 megahertz (MHz) = 1000 kilohertz, dan 1 gigahertz (GHz) = 1000 MHz. Satuan pada kecepatan prosesor komputer menggunakan satuan frekuensi.

Sistem Pengkodean Karakter
Sistem pengkodean karakter yang terkenal ada tiga, yaitu: ASCII, EBCDIC, dan Unicode.
ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dikembangkan oleh ANSI (American National Standards Institute). Pada awalnya standar ini menggunakan 7 bit untuk menyatakan sebuah kode. Dengan menggunakan 7 buah bit, karakter yang tersedia meliputi karakter kontrol, huruf (A sampai dengan Z dan a sampai dengan z), digit (0 sampai dengan 9), dan sejumlah simbol seperti * dan +. Belakangan, ASCII dikembangkan menggunakan 8 buah bit, dengan tambahan sejumlah simbol Yunani dan karakter grafis.

EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) merupakan standar yang dibuat oleh IBM pada tahun 1950-an dan menggunakan 8 bit untuk setiap kode. Pertama kali digunakan pada IBM System/360. Standar ini diterapkan pada berbagai komputer mainframe.
Contohnya, karakter A sama dengan 1100 0001 (biner ASCII) dan 1010 0001 (biner EBCDIC)

Unicode
Pada standar ini, sebuah karakter dinyatakan dengan 16 bit, sehingga standar ini dapat mencakup 65.536 karakter. Dengan cara seperti ini, berbagai simbol dalam bahasa seperti Arab dan China bisa ditampung. Informasi lebih lanjut mengenai Unicode dapat dilihat pada situs: http://www.unicode.org/

Komponen Sistem
Sebuah sistem terdiri dari motherboard, catu daya (power supply), Cooler Fan, sistem bus, Port, prosesor, memori internal, ROM, RAM, dll.
Motherboard terdiri atas sejumlah komponen yang terpasang on-board (menetap) dan slot-slot (socket) untuk memasang komponen-komponen yang dapat dilepas.
Catu daya berfungsi sebagai pemasok listrik bagi rangkaian dalam komputer.
Cooler fan merupakan kipas pendingin dan sirip penyerap panas. Sistem ini membuat agar perangkat tidak terlalu panas.
Bus merupakan jalur yang menghubungkan suatu komponen dengan komponen lain. Contohnya, antara CPU dan memori utama dihubungkan oleh bus memori.
Port merupakan colokan yang terpasang di case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan peranti di luar. Contohnya adalah port mouse dan monitor.
Prosesor adalah nama singkat dari mikroprosesor dan sering juga disebut CPU (Central Processing Unit) berupa sebuah chip yang merupakan otak komputer.
Memori berfungsi sebagai pengingat di dalam komputer, yang berfungsi menyimpan data dan menampung instruksi yang diberikan kepada komputer.

Nah, saya rasa sekian saja pembahasan singkat mengenai sistem komputer. Semoga bermanfaat.
***

Referensi
Abdul Kadir dan Terra CH. Triwahyuni. 2005. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suranegara. 2010. Pengertian Sistem Komputer. http://www.suranegara.com/2010/07/ pengertian -sistem-komputer.html (diakses pada hari Senin, 18 Juli 2011 pukul 2.01 WIB)

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih, Anda telah bersedia meninggalkan komentar Anda mengenai post ini. ^^

Popular Posts